PEMBENAHAN hemat JUTA JUTA

Rumah sakit adalah tempat Pelayanan dengan misi kebaikan, yaitu untuk membantu proses penyembuhan pasien.

Dalam implementasinya, di tunjang oleh hadirnya Pelayanan medis, pelayanan penunjang medis dan pelayanan penunjang non medis. 

Dalam prakteknya seringkali muncul permasalahan tidak terkecuali permasalahan dalam pengelolaan klaim BPJS. 

Pemicu permasalahannya tentu banyak, satu diantaranya metode kerja yang terkait dengan kecepatan penyelesaian berkas klaim yang akan dikirim ke BPJS. 

Dalam teori Proses, sebuah proses yang melibatkan para pihak dan pihak tersebût berjauhan maka para pihak tersebut harus didekatkan. 

Dalam diskusi awal dan observasi lapangan diperoleh permasalahan yang dapat memunculkan permasalahan, dimana pihak yang terlibat dalam hal ini petugas costing, coding dan verifikasi medis bekerja di ruangan yang terpisah.

Dari kondisi ini disepakati untuk mensentralisasi proses penyiapan berkas klaim di dalam satu ruangan yang di dalamnya terdiri dari petugas costing, coding dan verifikasi medis. 

Proses dialog pun berlangsung betkali kali dan akhirnya ditetapkan ruangan unit lain yang representatif untuk digunakan. 

Problem berikutnya adalah menyediakan perangkat kerja yang akan digunakan diruangan yang baru tersebut. 

Usulan awal dari salah satu pihak , agar peralatan yang dibutuhkan diajukan anggaran pengadaannya untuk disetujui direksi. 

Namun dalam diskusi via wa grup internal disepakati perangkat kerja yang dibutuhkan diambil dari unit lain yang penggunaannya belum optimal dan bisa dipindahkan ke ruang baru tersebut. 

Berikut percakapan via wa grup internal  :

[19/5 08:06] Paknaw: Besok kita pecahkan pak solusinya , semoga tdk perlu usulkan rab baru dan bisa diambil dari ruangan lain dulu yg tdk digunakan.

[19/5 08:07] +62 821-1552-5111: Kalau meja kayu di ISSB ada jika masih perlu komputer di ISSB ada silahkan🙏terima kasih
[19/5 08:07] +62 813-2173-7233: Siap pa..
[19/5 08:10] +62 852-2262-1421: Hatur nuhun pak, kami siap nerima
[19/5 08:10] +62 821-1552-5111: Mangga Pa sama sama🙏
[19/5 08:17] +62 852-2262-1421: Mohon informasi ada yg punya rak tinggi kurang lebih 80-100 cm, yg tdk terpakai? kami siap terima
[19/5 08:21] Rs Rotinsulu Lilis Dirkeu Risnawati: Pa deni di kemuning lantai 3 ada meja rapat yg tdk digunakan apakah itu bisa digunakan dl sayang masih disimpan disana
[19/5 11:26] Rs Rotinsulu Lilis Dirkeu Risnawati: Alhamdulilah ruang casmix utk klaim terintegrasi sdh ready
[19/5 11:27] +62 821-1800-8516: alhamdulillah......
[19/5 11:31] +62 811-217-112: 👏👏👏
[19/5 11:48] Rs Rotinsulu Lilis Dirkeu Risnawati: Berul pa Naw memaksimalkan yg ada
[19/5 12:14] +62 856-2318-340: Alhamdulillah

Dari hal ini kita dapat pelajari bahwa pembenahan pelayanan tidak melulu harus diiringi oleh adanya investasi baru apakah dalam hal penyediaan fasilitas maupun peralatan. 

Namun bisa dengan memanfaatkan fasilitas dan peralatan yang ada, dan dengan demikian rumah sakit bisa berhemat JUTA JUTA. 

Ini nyata, terjadi di rumah kita, Rumah Sakit Paru dr. H.A.  Rotinsulu Bandung. 

Komentar

Postingan Populer